Saturday, 16 August 2014

Jembatan Gantung Sangkiamo

Jembatan Sangkiamo
Jembatan ini terdapat di nagari Silokek, kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumbar. Membentang di atas Sungai Kwantan, jembatan ini cukup kokoh untuk dilalui dengan sepeda motor.

Disini kita dapat menikmati kesejukan udara pagi dan keindahan pemandangan lereng bukit, dan batu karang sungai kwantan yang muncul ada di bawahnya.

Dengan adanya jembatan ini, telah banyak membantu masyarakat.

Danau Maninjau dikala subuh


Maninjau lake
Indahnya Danau Maninjau pada subuh hari. Keindahan ini dapat anda nikmati sambil melakukan jogging di sekitar jalanan perkampungan.
Ketika penat biarkan diri anda menghirup udara segar dan memanjakan mata dengan keindahan alam.

Apo itu Pamangkeh?

pamangkeh
Pamangkeh berasal dari kata pangkeh (bahasa minang), dalam bahasa Indonesia yaitu pangkas. Sebuah komunitas yang terdiri dari 24 orang anak muda yang menyatukan tujuan mereka. 

Tujuan mereka adalah untuk memangkas pikiran orang-orang yang memandang sebelah mata terhadap Jurusan Sastra Daerah Minangkabau.

Kegiatan komunitas ini disamping memperdalam wawasan tentang Minangkabau, juga menampilkan kesenian randai, dan tari. 

Cagar Budaya

Situs makam H.Abdul Karim Amrullah
Situs Makam H. Abdul Karim Amrullah (HAKA) ini terdapat di Maninjau, Sumatera Barat. Beliau adalah ayahanda dari tokoh nasional asal Minangkabau H. Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan nama Buya HAMKA.

Di belakang makam ini terdapat rumah yang dijadikan perpustakaan, di dalamnya terdapat bukti-bukti sejarah berupa foto, manuskrip, buku, dan benda-benda lain tentang beliau dan Buya HAMKA.

Lihat juga Objek lain yang ada di Maninjau
Cahaya Surga di Maninjau
Pagi Hari di Maninjau
Rumah Gadang Mande Rubiah

Ciri Khas Orang Minangkabau

makan bersama di rumah gadang
Beginilah kebiasaan orang Minagkabau makan bersama-sama. dalam istilah Minangkabau dikenal dengan makan bajamba. Kemudian setelah makan biasanya dilakukan perundingan (barundiang).

Ciri khas orang Minangkabau adalah bermufakat, seperti kata petatah petitih; bulek aie dek pambuluah, bulek kato dek mufakat.

Friday, 15 August 2014

Wisata Sumbar (Silokek)

Pasir Putih
Pasir Putih berada di nagari Silokek, kecamatan Sijunjung-Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Dari kota Sijunjung anda harus menempuh jarak kurang lebih 15km untuk menuju tempat ini. Namun, ketika telah sampai di lokasi ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah. Hamparan tebing yang tinggi dan disertai aliran sungai kuantan yang mengelilingi kabupaten Sijunjung akan menjadi pemandangan yang familiar.

Tidak hanya itu, beberapa goa bersejarah (ngalau) juga dapat anda jelajahi di tempat ini. Tentunya akan menjadi paket perjalanan yang lengkap ketika anda juga menuju ke Air terjun yang ada di dekat perbukitan di Nagari Silokek.

Lihat juga artikel lain mengenai Silokek:
Rumah Gadang
Pagi Hari di Silokek
Jembatan Gantung

Wisata Sejarah di kota Sawah Lunto

Lobang Mbah Suro
Foto ini diambil ketika memasuki tempat wisata bersejarah di kota Sawah Lunto, Sumatera Barat yang bernama lobang Mbah Suro. Lobang ini merupakan bekas pintu masuk tambang batu bara yang digunakan pada masa penjajahan jepang. Hampir di sepanjang jalanan kota Sawah Lunto terdapat terowongan-terowongan bekas tambang.

Ketika memasuki tempat ini, kita hanya diperbolehkan masuk hingga 2 lantai ke bawah, untuk lebih dalam dari itu dilarang. Menurut pemandu wisata yang ada di sana, banyak terjadi hal-hal gaib ketika berada di dalam sana. ada yang melihat makhluk astral, ada juga yang mendapat penglihatan kekejaman kerja rodi pada masa lampau.

 Kota sawah Lunto memang terkenal dengan wisata sejarahnya dan masih ada lokasi-lokasi wisata lain yang layak dikunjungi di kota ini.

Pidato Pasambahan Mampitaruahan Marapulai

Pidato Pasambahan Mampitaruahan Marapulai
Oleh : Mak Uncu
Assalamu’alaikum Datuak,
Ba’a nyoDatuak -sianu- , pado datuak tibonyo sambah. Sungguahpun datuak surang nan disambah, tagah dek adat jo pusako, dek barieh cupak jo gantang, dek alua datuak kasamonyo, kami datang maantakan sambah.
Adopun sambah nan ka ditunggangkan pado datuak, talewah ka nan banyak…,
Bak manuruik adat kito juo, kok basiang di nan tumbuah, jikok manimbang di nan ado, tumbuah sarupo iko kini. Sandi andiko dalam kampuang, di datuak tampuak tangkainyo. Inggiran silang jo salisiah, kusuik di datuak salasainyo, karuah di datuak ka janiahnyo. Ibaraik diri badan datuak, kayu gadang di tangah padang, baurek limbago matan, kabatang sandi andiko, badahan cupak jo gantang, barantiang barieh balabeh, badaun rimbun dek adat, babungo mungkin jo patuik, babuah kato nan bana. Buliah baselo di ureknyo, buliah basanda di batangnyo, kagantuangan cupak nan duo.Partamo cupak usali, kaduo cupak buatan.
Cupak usali iyo nan sakundi-kundinyo, nan sapantiang tali bajak, kupang jo ameh masuak pulo. Nan ganok duo baleh, taiyeh dikikia bahabih basi, dibasuah bahabih ayie, dianjak indaknyo mati, dibubuik tak namuah layua, itu nan banamo cupak usali.
Nan tasabuik cupak buatan, nan batapuang kapua jo sadah, baliciek pinang jo gambia. Sasuai mangko manjadi, saukua mangko takanai. Kok datang hujan jo paneh, batiuik angina jo ribuik, sabarieh bapantang hilang, sabarieh tak namuah lupo.
Lah janiah cahayo adat, lah tarang bangun pusako, bak rumpuik ditimpo rinyai, musim pabilo lipua lai.
Salangkah turun dari ranjang, dari tangah rumah di kampuang etan, barieh tabantang kami turuik, labuah nan goloang kami tampuah, datang ka jorong kampuang datuak.
Kok tibo alah baduduak-an, lah ta unjuak sirieh di carano, tando lah sudah minum makan, Nan sakarang iko kini, pihak di diri marapulai, lah duduak di ateh rumah. Duduak di ruang rumah nan gadang, dilingkuang niniak jo mamak, di hadapan ibu jo bapo, sarato ipa dengan bisan, cukuik jo urang mudo matah, lah duduak basandiang duo, nan bak bulan jo matohari, bintang kujaraha mangaliliang.
Kok tumbuah di tangah rumah, kajadi adat bijo nan baiak, katungkek pamanih jalan, kakarieh pamaga adat, dalam adat baradat pulo. Kok elok ratak tangannyo, panjang bao kamangarek, singkek bao ka mauleh, senteang bao ka mambilai. Kok elok ratak lidahnyo, kusuik bao ka manyalasai, kok karuah dapek mampajaniah, kok ka hilia samo kahilia, ka mudiak samo ka mudiak.

Namun samantang pun baitu, di pihak diri marapulai, raso menitiak niro pinang, antah barayie antah tidak, nan bak alu patah tatimpo, musim pabilo ka bataruak, ibo nan bak padi salibu, awah tumbuah musim talampau, urek tagantuang ka jarami, rangkiang tinggi nan dicinto, supayo datuak tarimo elok-elok, iyo di dalam tapak tangan…, sakian sambah pado datuak. [Sumber:Pidato Aluah Pasambahan Adat-Idrus Hakimi Dt Penghulu-LKAAM Sumbar-1974]

Thursday, 14 August 2014

Cahaya Surga di Maninjau

Cahaya Surga di Maninjau
Foto ini diambil setelah berhentinya hujan di pagi hari. lokasi foto ini tepat di depan rumah cagar budaya ayahanda dari buya HAMKA yang bernama HAKA di Maninjau, Sumatera Barat.

Laporan Bacaan Skripsi tentang KABA Rancak di Labuah

Lihat juga tulisan Novel Merantau Ke Deli

...................................................................................................................................................................
PENDAHULUAN
Laporan buku atau laporan bacaan adalah sebuah laporan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa membaca buku-buku yang diwajibkan atau yang dianjurkan, serta meningkatkan kemampuan mereka memahami isi buku-buku yang diwajibkan atau dianjurkan, serta mingkatkan kemampuan mereka memahami isi buku-buku tersebut.
Laporan bacaan ini dibuat untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester (UTS) semester lima, jurusan Sastra Daerah Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas. Buku yang penulis baca adalah sebuah skripsi yang berjudul “Peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah” oleh Yulia, Jurusan Sastra Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Andalas pada tahun 2007 .
Skripsi yang terdiri dari lima puluh empat halaman ini, ditulis untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar  Sarjana Sastra. Di dalam skripsi tersebut terdapat empat BAB yaitu, BAB I Pendahuluan, BAB II Analisis terhadap Peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah, BAB III Hubungan Peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah dengan Nilai-nilai Kebudayaan Minangkabau dan BAB IV Penutup.

RINGKASAN BUKU
BAB I. Pendahuluan
Peribahasa merupakan ungkapan dari sekelompok masyarakat yang mengandung pandangan dan tujuan hidup dari masyarakat pendukungnya. Disamping itu, peribahasa sebagai salah satu ungkapan tradisional juga terkandung dalam karya-karya tulis misalnya kaba. Kata kaba berasal dari khabar (bahasa arab) yang berarti “pesan” atau “berita”. Kata khabar berubah dalam ucapan bahasa Minangkabau menjadi kaba, kemudian berkembang menjadi kaba yang berupa cerita.
KABA merupakan karya sastra yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Minangkabau, umumnya berisi kritikan social terhadap realitas yang ada di sekitar pengarangnya. Awalnya KABA disampaikan dalam bentuk lisan oleh seorang ‘tukang kaba’ kepada pendengarnya, dimana proses penyampaiannya adalah dengan cara berdendang, diiringi dengan bunyi-bunyian khas Minang seperti rabab atau saluang.
Namun seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, kegiatan sastra lisan seperti yang dilakukan oleh ‘tukang kaba’ itu, sudah mulai terabaikan. Tetapi pada hakikatnya perubahan bentuk kaba ini menjadi bentuk tulis tidak mengurangi kandungan yang ada di dalamnya atau ciri kelisanannya. Berdasarkan wacana di atas, maka penelitian ini akan mengkaji peribahasa dalam kaba, yaitu kaba Rancak di Labuah sebagai objek penelitian.
Dari latar belakang di atas, maka masalah yang akan dibahas di dalam penelitian ini adalah berupa tanda peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah, kemudian makna yang terkandung pada setiap tanda peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah, dan hubungan tanda peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah dengan nilai-nilai kebudayaan Minangkabau.
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah, yang pertama untuk memahami tanda peribahasa yang terkandung dalam Kaba Rancak di Labuah. Kedua,  untuk memahami makna peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah. Ketiga, untuk mendeskripsikan hubungan tanda peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah dengan nilai-nilai kebudayaan Minangkabau.

BAB II. Analisis terhadap Peribahasa dalam “Kaba Rancak di Labuah”
Pada bagian ini, peribahasa dikelompokkan menjadi, peribahasa yang sesungguhnya, peribahasa yang tidak sesungguhnya, peribahasa yang tidak lengkap kalimatnya, peribahasa perumpamaan, dan ungkapan yang mirip dengan peribahasa.

II.1. Peribahasa Yang Sesungguhnya
Peribahsa yang sesungguhnya adalah ungkapan tradisional yang mempunyai sifat-sifat, kalimatnya lengkap, bentuk biasanya kurang mengalami perubahan, mengandung kebenaran atau kebijaksanaan. Peribahasa ini berjumlah 14 buah. Peribahasa tersebut adalah sebagai berikut:
1.)    Alah di rusuak manjariau, alah dikasau lakek atok
2.)    Ka lurah samo manurun, ka bukik samo mandaki
3.)    Ilmu padi makin baisi makin tunduak
4.)    Manungkuih tulang jo daun taleh, manyuruak di bawah lumbuang
5.)    Malu jo sopan tak babaleh, baso jo basi tak bahinggo
6.)    Nan elok samo dipakai, nan lamak samo dimakan
7.)    Kalau diuji ameh samo merah, kalau ditahia samo barek
8.)    Elok jo buruak galuik tumbuah, tingkah jo caran tak bahinggo
9.)    Lah bulek mangko digolekkan
10.) Bia lambek asa salamat, indak lari gunuang dikaja
11.) Kalau tapanjang dikareknyo, kok singkek diulehnyo
12.) Lidah indak batulang
13.) Siriah manyiriah kampia rokok
14.) Lain ikan lain umpannyo

II. 2. Peribahasa Yang Tidak Lengkap Kalimatnya
            Peribahasa yang tidak lengkap kalimatnya adalah ungkapan tradisional yang mempunyai sifat-sifat khas, kalimatnya tidak lengkap, bentuknya sering berubah, jarang mengungkapkan kebijaksanaan, biasanya bersifat kiasan. Dalam Kaba Rancak di Labuah terdapat 4 buah peribahasa yang tidak lengkap kalimatnya, yaitu seperti dibawah ini:
1.)    Siang manjadi angan-angan, malam manjadi buah mimpi
2.)    Lalok nan indak talalokkan, lah sasak alam tampek diam
3.)    Indak tatampuah ujuang dahan, diam di bawah tapi sajo
4.)    Hujan taduah kabuiklah tarang

II. 3. Peribahasa Perumpamaan
Peribahasa perumpamaan adalah ungkapan tradisional yang biasanya dimulai dengan kata-kata “seperti” atau “bagai” dan lain-lain. Di Minangkabau sendiri peribahasa ini ditandai dengan kata “bak”. Peribahasa perumpamaan dalam Kaba Rancak di Labuah adalah sebagai berikut:
1.)    Hiduik bak cando induak ayam, mangakeh mangko mancotok
2.)    Geleang kapalo bak sipatuang, pancaliakan mambumbuang ka udaro
3.)    Bagai maelo tali jalo, raso katagang dikanduakan, agak kandua ditagangi
4.)    Lakunyo bak musang jantan, tidua siang bajago malam
5.)    Bak baliang-baliang di ateh bukik, kamano angina nan dareh, ka kiun pulo pikirannyo
6.)    Bak jangguik pulang ka daguak, bagai pisang masak sap arak
7.)    Bak kundi di ateh dulang, nan tak kanai manganaikan
8.)    Bak makan pisang masak, elok tpu manih ubeknyo
9.)    Bak balam jo katitiran, sabuni sagayo indak
10.)            Bak itiak dalam ayia
11.)            Bak ayam lapeh malam, kian kamari trumbu-rumbu
12.)            Bak balam tabang randah, ayam di lasuang tasambuha
13.)            Bak kancah nan laweh arang
14.)            Bak ayia dalam lauik

II. 4. Ungkapan-Ungkapan yang Mirip dengan Peribahasa
Ungkapan-ungkapan yang mirip dengan peribahasa adalah ungkapan yang digunakan sebagai penghinaan atau suatu jawaban yang pendek, tajam lucu, dan merupakan peringatan yang dapat menyakitkan hati. Dalam Kaba Rancak di Labuah hal ini ditunjukkan seperti berikut:
1.)    Badan malang badan cilako
2.)    Tinggi lonjak gadang galapua, diam di bawah tapi sajo
3.)    Sapantun si pongah dalam ngalau
4.)    Batureh tampak di lua, tapi di dalam kosong sajo

BAB III. Hubungan Peribahasa dalam “Kaba Rancak di Labuah” dengan Nilai-nilai Kebudayaan Minangkabau
            Nilai dalam konsep kebudayaan terdiri dari konsepsi-konsepsi yang hidup di dalam alam fikiran sebagian besar warga masyarakat mengenai hal-hal yang mereka anggap mulia. Konsep ini terlihat dalam unsur kebudayaan yang menyangkut berbagai aktifitas manusia yang dipelajari. Unsur kebudayaan itu adalah bahasa, system pengetahuan organisasi social, system peralatan hidup, teknologi, system mata pencaharian hidup, system religi, dan kesenian.
Untuk melihat hubungan peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah dengan nilai-nilai kebudayaan Minangkabau setidaknya dapat dilihat dari unsur kebudayaan seperti uraian di atas. Sedangkan unsur kebudayaan yang ditemukan di dalam peribahasa Kaba Rancak di Labuah terdiri dari; system pengetahuan, organisasi social, system mata pencaharian hidup, dan system religi.
            III. 1. Sistem Pengetahuan
            Sistem pengetahuan berwujud seperti pengenalan terhadap hal baru dan ia mempunyai suatu sistem tertentu, dengan sistem tersebut pemakai pengetahuan berinteraksi. Dalam peribahasa Kaba Rancak di Labuah, terkandung beberapa sistem pengetahuan yang mesti dimiliki oleh masyarakat Minangkabau. Pengetahuan itu berkaitan dengan adat atau norma yang berlaku di Minangkabau sejak dahulu antara lain pengetahuan tentang orang sumando, penghulu, sikap yang seharusnya bagi seorang perempuan dan laki-laki di tengah keluarga serta masyarakat. Ada juga undang-undang dan hukum adat Minangkabau. Semua pengetahuan itu diungkapkan secara panjang lebar dan dapat dimengerti.

            III. 2. Sistem Organisasi Sosial
            Organisasi social mempunyai pola tertentu yang merupakan tatanan yang diikuti oleh organisasi yang berdasarkan pada suatu konsep. Sedangkan organisasi social dalam tiap kehidupan masyarakat Minangkabau diatur oleh adat-istiadat dan aturan-aturan mengenai berbagai macam kesatuan di dalam lingkungan dan bergaul dari hari-kehari. Dalam peribahasa Kaba Rancak di Labuah  mengandung nilai social yang diatur oleh ketentuan-ketentuan dan nilai-nilai yang berlaku. Untuk melihat nilai-nilai tersebut, setidaknya dapat dilihat dari lingkungan social masyarakat seperti lingkungan pemerintahan adat, dan lngkungan pergaulan social.

            III. 3. Sistem Mata Pencaharian Hidup
            Sistem ini dapat berupa konsep, rencana, kebijakan, adat-istiadat yang ada hubungannya dengan ekonomi, tetapi juga berupa tindakan dan interaksi berpola antar produsen, tengkulak, ahli transport, pedagang, petani, dan pengecer dengan konsumen atau berbagai peralatan. Untuk sistem mata pencaharian hidup dalam kehidupan masyarakat Minangkabau dapat berupa system-sistem yang bersifat tradisional berupa berburu, berternak, bercocok tanam di lading dan di sawah, serta menangkap ikan.

            III. 4. Sistem Religi
            Sistem religi dapat mempnyai wujud sebagai sistem keyakinan dan gagasan-gagasan tentang Tuhan, Dewa-Dewa, dan juga sebagai bentuk upacara, maupun benda-benda suci. Sistem religi dalam pandangan masyarakat Minangkabau dapat berupa kepercayaan kepada adanya kekuatan pencipta alam semesta yang dianggap lebih tinggi daripadanya, dan berusaha untuk melakukan berbagai hal dengan cara-cara yang beraneka warna untuk berkomunikasi dan mencari hubungan dengan kekuatan tadi. Sedangkan sistem religi yang terkandung dalam peribahasa Kaba Rancak di Labuah merupakan keyakinan tentang pencipta alam semesta yang diwujudkan dalam bentuk upacara adat seperti doa, makan bersama, dan orang-orang yang melakukan dan memimpin upacaranya.
            Gambaran rincinya yaitu dalam peribahasa Kaba Rancak di Labuah ajaran islam dan adat diletakkan pada posisi yang paling tinggi mengharuskan setiap individu untuk dijadikan pedoman dan melaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Hal tersebut diwujudkan pada saat merayakan hari besar Islam yaitu hari raya Idul Fitri, merupakan hari kemenangan setelah berjuang menahan hawa nafsu dan godaan selama sebulan penuh.
            Kemenangan ini disambut dengan suka cita, segala sesuatunya dipersiapkan, baik persiapan lahir maupun persiapan batin. Persiapan lahir yaitu menghias diri dengan pakaian yang bersih atau lebih sering dengan pakaian baru. Sedangkan persiapan batin mengucapkan dan memberikan maaf bagi orang tua, saudara, kerabat atau tetangga dengan cara bersilaturahmi    
.
BAB IV. Penutup
            Kesimpulan
            Peribahasa dalam sistem social budaya Minangkabau lebih dilihat dan dimaknai sebagai nilai-nilai dasar yang menjadi patokan, berprilaku, dan sekaligus mengajarkan masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang selaras dan seimbang.
            Peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah setelah dilakukan pengklasifikasian, dapat ditarik kesimpulan bahwa peribahasa dalam Kaba Rancak di Labuah  berjumlah 38 buah. Peribahasa sesungguhya 14 buah, peribahasa yang tidak lengkap kalimatnya 4 buah, peribahasa perumpamaan 16 buah, dan ungkapan yang mirip dengan peribahasa 14 buah.
            Dihubungkan dengan nilai-nilai kebudayaan dalam masyarakat Minangkabauyang sudah ada. Peribahasa banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat komunikasi, dan mempunyai fungsi social, seperti pendidikan, identitas diri, dan sebagai alat untuk memperoleh gengsi dalam masyarakat.

KESIMPULAN
            Setelah membaca skripsi ini dan membuat ringkasannya, saya memiliki kesimpulan terhadap isi dari skripsi ini. Kesimpulan saya adalah:
1.      Tidak adanya contoh kasus yang diberikan di dalam skripsi ini mengenai peribahasa-peribahasa yang berkaitan dengan nilai-nilai kebudayaan di Minangkabau. Seharusnya di setiap peribahasa yang ditemukan diberikan contoh kasus yang adadi masyarakat.
2.      Di dalam skripsi ini terdapat 38 contoh peribahasa yang terdapat pada Kaba Rancak di Labuah, namun dari sebanyak itu tidak digambarkan bagaimana peribahasa-peribahasa tersebut hadir di lingkungan masyarakat Minangkabau pada masa dahulu dan masa sekarang. Karena saya rasa hal ini sangat perlu untuk penilaian terhadap aplikasi dari peribahasa sebagai control social di lingkungan masyarakat.
3.      Untuk langkah awal sebuah penelitian, data yang ada pada skripsi ini bisa digunakan untuk penelitian lebih lanjut tentang sastra lisan berupa “peribahasa Minangkabau”.



Pagi hari di Maninjau

Nelayan di Danau Maninjau
Lokasi foto ini adalah tepat di belakang rumah ayahanda Buya HAMKA yaitu HAKA yang telah dijadikan cagar budaya di Maninjau, Sumbar.

STILISTIKA

ANALISIS MAJAS PADA NASKAH RANDAI
“CINDUA MATO”
karya Wisran Hadi


oleh:

PADLI RAMADHAN
(1110742004)
Jarek samato Bundo Kanduang
Hubungan nyao rangkai hati
Hulu jantuang limpo bakuruang (hlm. 3)
Majas Metafora

Sanang bana tuan ku kini
Basanda di banta gadang
Dia ateh kasua Manggalo (hlm. 5)
Majas Hiperbol

Malu tapupuih pado kaniang
Arang tacoreng pado muko (hlm. 5)
Majas Metafora

Bak sibisu barasian
Bak sikuduang dapek cincin (hlm. 5)
Majas Simile

Diguguah tabuah larangan
Bunyi sapantun patuih tungga
Samo jo guruah turun ujan
Raso kaluluah bumi Allah (hlm. 8)
Majas Simile

Inyo balari lari alang (hlm. 8)
Majas Epitet

Cimpai rayo dihambuih topan
Raso taganjak batu sandi (hlm. 8)
Majas Simile

Dikuncang garak gampo rayo
Raso mangirap panuturan
Tabang dihambuih halimbubu
Lapiak ilalang raso tabang
Bahambuih aie Sungai Bungo
Hanyuik buayan dari hulu (hlm. 9)
Majas Simile

Pado iduk bacamin bangkai
Baiak lah mati bakalang tanah (hlm. 9)
Majas Metafora

Gumarang balari-lari alang
Binuang mairiang di balakang
Labah  jo naniang tabang babondoang (hlm. 12)
Majas Epitet

Manolah junjuangan denai
Buah hati limpo bakuruang (hlm. 17)
Majas Metafora

Bak buni ganto si Gumarang (hlm. 23)
Majas Simile

Ado sabanta itu juo
Datang topan nan jo badai (hlm. 26)
Majas Zeugma

Aie gadang bukan kapalang
Tampak dek ambo Tuan Puti Bungsu (hlm. 26)
Majas Hiperbol

Pado inyo mati anyuik
Jadilah inyo ambo bao
Jaan manjadi sio-sio. (hlm. 26)
Majas Hiperbol

Kato denai tak basauik
Dakwa denai tak bajawab
Manolah kalian kasadonyo
Cubokan agak sajamang
Kok indak padang rantangkan manau
Nak den anjua ka balakang (hlm. 29)
Majas Ironi

Ambo nan datang dari Ranah Sikalawi
Dari Tanjuang Sungai Ngiang
Malu ambo ditariak urang (hlm. 31)
Majas Metafora

Itu urang nan punyo tunangan
Sajak itam samerah kuku (hlm. 32)
Majas Simile

Diiringan dek urang nan banyak
Saroman kaluang baba tabang (hlm. 35)
Majas Simile

Berdasarkan hasil analisis majas terhadap naskah randai “CINDUA MATO”  maka dapat disimpulkan bahwa majas yang dominan adalah majas metafora.